Minggu, 06 Januari 2013

BAB 9 dan 10 (Proses Organisasi)

Diposting oleh Ni Made Dwi Armini di 6:05 PM


1)        Proses Mempengaruhi

Pengertian Pengaruh 
Pengaruh adalah suatu kegiatan atau keteladanan yang menunjukan hal baik,yang dilakukan secara langsung ataupun secara tidak langsung, sehingga mengakibatkan suatu perubahan perilaku sikap, baik itu individu atau kelompok 

Elemen-elemen proses mempengaruhi
Elemen-elemen yang ada dalam suatu proses mempengaruhi antaralain :
·           Orang yang mempengaruhi
·           Metode yang digunakan untuk mepengaruhi, dan
·           Orang yang di pengaruhi 

Ø Metode-metode yang digunakan dalam mempengaruhi antaralain :
·            Kekuatan fisik
·            Penggunaan sanksi
·            Keahlian, dan
·            Kharisma

Daerah pengaruh mencakup hubungan-hubungan,
·            Antar perseorangan
·            Kelompok dengan seseorang, dan
·            Seseorang dengan Kelompok.

2)        Proses Pengambilan Keputusan

Secara singkat Pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara berbagai tersedianya alternatif.

Konsep konsep pengambilan keputusan :
Identifikasi dan diagnosis masalah
·           Pengumpulan dan analisis data yang relevan
·           Pengembangan & evaluasi alternantif
·           Pemilihan alternatif terbaik
·           Implementasi keputusan & evaluasi terhadap hasil –hasil

Tipe –Tipe Keputusan Manajemen :
·            Keputusan-keputusan perseorangan dan strategi
·            Kepusan-keputusan pribadi & strategi
·            Keputusan-keputusan dasar & rutin

Model-model Pengambilan Keputusan :
·            Relationalitas Keputusan
·            Model-model perilaku pengambilan keputusan

Teknik Pengambilan Keputusan :
·            Teknik -teknik Kreatif: Brainstorming & Synectics
·            Teknik -teknik Partisipatif
·            Teknik -teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal

Kesimpulan :  Proses  mempengaruhi dan pengambilan keputusan adalah proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam pengaruhnya pada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi dan manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku organisasional.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Made Dwi's Blog Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting